Rabu, 25 Januari 2017

Coper Disertasi dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed



GAYA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM PENDIDIKAN
KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MODERN
DARUSSALAM GONTOR JAWA TIMUR






Oleh
M. Ihsan Dacholfany
NIS. 4103810409018


DISERTASI
Disampaikan untuk memenuhi salah satu syarat ujian
guna memperoleh gelar Doktor dalam Ilmu Pendidikan
Program Studi Manajemen Pendidikan


PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
2011



LEMBAR PERSETUJUAN


GAYA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM PENDIDIKAN
KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MODERN
DARUSSALAM GONTOR JAWA TIMUR



Oleh :
M. Ihsan Dacholfany
NIS : 4103810409018



Bandung,   Juli 2011

Promotor,




Prof. Dr. H.  Achmad Sanusi, M.PA.

Ko-Promotor,




Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M.Pd.

Anggota Promotor




Dr. H. Hari Suderadjat, M.Pd.


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a            :  M. Ihsan Dacholfany M.Ed.
N I M             :  41-03810-409018
Program Studi :  Manajemen Pendidikan (S.3)
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Disertasi yang saya susun sebagai syarat untuk memperoleh gelar Doktor di Program Pascasarjana Uninus Bandung ini, seluruhnya adalah hasil karya saya sendiri. Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan Disertasi yang saya kutip dan hasil karya orang lain telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagaian Disertasi ini bukan hasil karya saya sendiri, saya bersedia menerima sanksi yang dijatuhkan kepada saya.



Bandung, Agustus 2011
 Pembuat Pernyataan
Ttd Pak Ihsan.png
M. Ihsan Dacholfany




Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan ke Allah SWT, dengan selesainya penulisan disertasi  ini.  Terimakasih dan jazakumullah, penulis haturkan kepada Prof Dr. H. Achmad Sanusi M.PA., Prof. Dr. H Sofyan Sauri dan Dr. H. Hari Suderadjat, M.Pd. yang telah membimbing kami  dalam  Penulisan Disertasi” ini, doa selalu saya panjatkan semoga Allah memberikan keselamatan, keberkahan hidup dan  husnul khotimah. Amin.
Selama penulisan disertasi ini,  penulis memperoleh banyak manfaat dan bahan pelajaran, yang kelak bisa diterapkan di lapangan untuk melakukan penelitian yang lebih luas guna memecahkan berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan.  Penulis sangat menyadari bahwa kemampuan meneliti ini tidak hanya bermanfaat untuk meraih gelar doktor saja, tetapi akan sangat berguna juga bagi penulis kelak setelah menjadi doktor, untuk mengkaji, membahas dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, terutama masalah rendahnya mutu pendidikan dan karakter serta yang terpenting ilmu dan pengalaman menjadi berkah dan manfaat di dunia dan akhirat kelak.
Terima kasih banyak penulis sampaikan pada seluruh teman angkatan VI Program Pasca Sarjana (S3) Uninus, yang menjadi teman dalam berdiskusi dan mendalami berbagai bidang ke ilmuan baik di dalam atau di luar kelas. Mudah-mudahan hubungan silaturahmi ini bisa berkembang terus menjadi hubungan persaudaraan, dan mampu menciptakan jaringan yang kuat untuk saling berbagi pengalaman terutama pengalaman dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Akhirnya penulis harapkan, mudah-mudahan disertasi ini memberikan manfaat yang besar bagi  penulis sendiri dan bagi siapa saja yang punya perhatian besar pada upaya perbaikan mutu pendidikan di Negeri Indonesia tercinta ini.


Bandung, 23  Agustus 2011
Penulis




Assalamu'alaikum wr.wb.
Puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT. Yang senantiasa memberikan nikmat, anugerah dan pertolongan-Nya, sehingga penulisan disertasi ini dapat diselesaikan dengan baik walaupun mengalami kendala. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai figur uswahtul hasanah yang tetap diidolakan sepanjang masa.
Disertasi yang berjudul "Gaya Kepemimpinan Kyai dalam Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor " ini telah diselesaikan berkat bimbingan dan dukungan semua pihak, baik yang bersifat material maupun non-material. Oleh karena itu,  saya selalu berdoa, semoga ilmu dan pengalaman yang didapati dari dosen dapat  menjadi barokah dan manfaat amal jariyah serta saya  menghaturkan jazakumullah dan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Bapak Rektor  Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, Dr. H.  Didin Wahidin, M.Pd.
2.      Bapak Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, Prof. Dr. H. Achmad Sanusi, SH., MPA., sekaligus sebagai Promotor yang selalu memberikan motivasi  dalam penulisan Disertasi ini.
3.      Bapak Wakil Direktur Pasca Sarjana, Bagian Akademik, Prof.Dr. H. Nana Syaodih Sukmadinata yang selalu bersedia dimintai pertolongan dalam menyelesaikan disertasi ini.
4.      Bapak Ketua Prodi Pasca Sarjana S3 Uninus, Bapak Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana M.Pd sekaligus membimbing dalam penyelesaian disertasi ini..
5.      Bapak Prof. Dr. H. Sofyan Sauri M.Pd., selaku Ko-Promotor penulis yang telah membimbing dengan penuh kesabaran dan ketekunan.
6.      Bapak Dr. Hari Suderajat, M.Pd., selaku Promotor yang telah membimbing dengan penuh kesabaran dan teliti.
7.      Bapak Prof. Dr .A. Tafsir selaku penguji dan telah memberikan bimbingan sampai akhir sidang terbuka.
8.      Para dosen Uninus :  Prof.Dr. Ahmad Suryadi, Prof. Dr.Sutaryat, Prof.Dr. Iim Wasliman, Prof. Dr. Ishak Abdul Haq, Prof.Rochman Natawijaya,  Prof.Dr.E.Mulyasa, Dr. Yosal, Dr. Cahya dan lainnya termasuk para staf PPs Uninus , yang tidak saya sebutkan satu prsatu tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih saya.
9.      Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor dan seluruh Guru serta staf yang telah memberikan kesempatan meneliti dan membantu kelancaran menulis disertasi ini.
10.  Menteri Agama RI dan seluruh staf  Kementrian Agama dan Bintal serta Bazis yang telah memberikan bantuan dan beasiswa selama kuliah S-1, S-2 dan S-3.
11.  Dosen dan sekaligus Orang tua saya  Dr. Mahsusi MM, Dr. Ahmad Basri dan Prof  .Dr. Halim Tamuri dan keluarga yang telah memberikan anjuran, rekomendasi dan semangat sehingga saya sampai kejenjang pendidikan S-3.
12.  Orang tua kandung penulis, Ayahanda H. M. Dahlan Nanung dan Hj. Siti Chodijah Yusuf yang selalu memberikan doa restunya untuk kelancaran studi serta Saudara, adik, kakak kandung juga bibi dan paman penulis yang selalu memberikan doa dan semangat untuk kelancaran studi ini.
13.  Istri tercinta, Bidan Evi Yuzana SKM dan anak-anak penulis, Nurul Izzah Fizadinajah dan Natsir Al-Irsyad Fizadinajah yang selalu menjadi inspirasi semangat dalam menjalani studi.
14.  Kawan-kawan angkatan 6 seperti Kandidat Doktor. Sofyan Hidayat, Ayi Sofyan, Ayi  Kusjiwo, Asep habib, Effendi Ali, Husen Saiful Insan dan Dr.Arman dan Dr. Saipullah dan kawan kawan dosen di kampus, seperti Dr. Hapidin, Ade Suhairi M.Ed, Yuli Pujianti M.Pd, Imam Hariyadi MSi, Budi Sukardi MSi, Arif Rahman M.Pd, Maryam MPd. Siti Masitoh M.Pd,  Wahyuni Nadar M.Pd, Dian Fitriani SSt, SPd.I, Drs. Ahmad Fatoni M.Pd, Drs. Wawan Junaidi MA, Husnul Fatarib PhD, Hemlan M.Ag, Sainul SH, MH, Liberti Msi, Mat Jalil M.Hum, Siti Julaiha Msi, Tarmidzi MA, Dr. MA. Salam Msi, Dr. Bambang, Dr.  Awaludin, Iin Syamsudin M.Pd,  kawanku Lucky, Nurlela S.Pd.I,  Indra, Agus Mulyana, June, Henny,   dan dosen lainnya beserta staf yang tidak saya sebutkan satu persatu tentunya telah memberikan semangat dan membantu demi terselesainya studi ini.
Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa penulisan disertasi ini masih jauh dari sempurna. Walaupun demikian, semoga disertasi ini bisa menjadi sumbangan berharga bagi pengembangan ilmu pengetahuan manajemen kependidikan dan bagi yang membacanya. Kekurangan-kekurangan yang ada akan menjadi pemicu bagi penulis untuk selalu melakukan perbaikan.
Akhirnya, hanya Allah-lah Yang Maha Sempurna dan kekurangan yang ada hanyalah karena kedhaifan penulis. Kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan. Penulis berdoa, semoga segala kebaikan dan amal shaleh semua pihak akan terbalas oleh-Nya di hari yang kekal dengan balasan surga. Amin.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Bandung, 23 Agustus 2011 Penulis,
Ttd Pak Ihsan.png
                                                               M. Ihsan Dacholfany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar