Rabu, 22 Februari 2017

pendidikan-karakter-belajar-ala Pesantren Gontor

http://combobook.blogspot.co.id/2015/02/pendidikan-karakter-belajar-ala.html


Sinopsis : Pendidikan karakter dapat berjalan melalui kegiatan yang syarat dengan muatan akhlak mulia dan filsafat hidup, termasuk memberikan pemahaman tentang makna hidup. (KH .DR (Hc) Abdullah Syukri Zarkasyi, MA, Pimpinan Pondok Pesantren Gontor). Buku ini menjelaskan dengan baik mengenai bagaimana penanaman nilai dan karakter keislaman yang ada pada Pondok Pesantren Gontor. Diawali dengan pemaparan sejarah dan profil Pondok Modern Gontor, penulis memaparkan profil tokoh kunci dalam proses pendidikan karakter yang melibatkan Kyai/Pimpinan, para guru/ustadz dan para santri.

Kepemimpinan kyai yang menjadi success factor dalam pendidikan karakter dijelaskan dengan baik secara teoritis maupun praktis. Termasuk bagaimana kepemimpinan kyai menghadapi pelbagai masalah dan hambatan dalam menerapkan pendidikan karakter diulas dengan cukup gamblang oleh penulis. Menurut Suwito Jemari salah satu pengasuh Pondok Gontor 9 Kalianda lampung, mengatakan bahwa Pondok Gontor yang telah memiliki sistem kaderisasi, walaupun Kyai Trimurti (pendiri Pesantren) sudah meninggal, nama besarnya tetap dikenal dan dikenang oleh masyarakat, meski kepemimpinan kyai telah mengalami pergantian generasi, tetapi tetap tidak melupakan kebijakan kepemimpinan Kyai Trimurti ketika masih hidup.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika ada perubahan kebijakan yang dilakukan generasi penerus atau kader pemimpin untuk mengelola Pondok Pesantren, justru terkadang sangat diperlukan. Misalnya, perubahan kebijakan dalam membangun pendidikan yang agamis dan sesuai dengan tuntutan zaman serta pola pembinaan karakter santri. Hal itu sangat diperlukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai islami sehingga dapat membendung kerusakan akhlak serta memberikan semangat perjuangan dan pengorbanan agama.

Begitu juga pendapat Ruhlas Fatniary Rumamna, yang pernah menjadi Staf Pengasuhan Pesantren Putri Pondok Gontor, menyatakan bahwa Pesantren yang dengan sistem asrama penuh, yang dimana baik santri/santriwati ataupun ustadz/ustadzah semuanya berada di dalam asrama, sehingga kapanpun ketika seorang anak /santriwati membutuhkan bimbingan dari para ustadz/ustadzah bisa langsung bertemu dan berkonsultasi kepada beliau. dan pada ujungnya akan memperkuat penanaman jiwa Pondok dan pendidikan karakter di Pondok sehingga dapat menjadi pegangan hidup.

Sistem pendidikan di kelas dan di luar kelas berlangsung integral; guru di kelas adalah juga guru pembimbing diluar kelas, pembimbing asrama dan pembimbing seluruh kegiatan yang ada di Pondok yaitu pengasuhan santri sampai ke pimpinan Pondok yang selalu membimbing, membina, mengarahkan, sehingga pendidikan yang diberikan anak/santriwati tidak berhenti hanya di pertemuan – pertemuan di dalam kelas tetapi terus berlanjut diluar kelas dan setiap lini kehidupan santriwati begitu juga di Pondok Gontor Putra.

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dinamika pendidikan yang khas terdapat dalam Pondok Modern Gontor, maka buku ini bisa menjadi salah satu rujukan. Seperti bagaimana menciptakan iklim kemandirian dan kewirausahaan bagi para santri. Di dalamnya terdapat pula beberapa tulisan yang berisikan nasihat, cerita/kisah yang mengandung pendidikan karakter yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari pada santri di Pondok Modern Gontor.

 Anda juga akan dapat membaca kisah dan cerita, kenangan di Pondok Gontor, apa itu Kepemimpinan serta sejarah dan perkembangan pondok Gontor, siapa kader pondok Gontor, dan beberapa info tentang pendidikan karakter serta pendapat mereka tentang Pesantren Gontor di antaranya adalah:
Para Pendiri, Pimpinan dan Alumni: KH.Imam Zarkasyi, KH. Ahmad Sahal, KH. Zainudin Fanani, K.H Abdullah Syukri Zarkasyi, K.H. Hasan Abdullah Sahal, KH. Imam Badri, K.H. Masyhudi Subari, MA, Nur Hadi Ihsan PhD, Drs. Akrim Mariyat, Nasrullah ZM, KH. Heru Saiful Anwar, Lukman Hakim Saifuddin, Mohammad Masruh Ahmad, MA, Yoyok Suyoto Arief MA, Dr, Sofwan Manaf, Dr. M. Tata Taufik, Dr. Abu Darda’ Emha Ainun Nadjib, Prof.Dr. Syarifudin Basyar, M. Sholeh MA, Dr. Khoirurrijal MA, , Dr. Yunus Abu Bakar, Ahmad Subhan Roza, M.Pd, Azmi Sirodjudin M.H, KH Achmad Cholil Ridwan, Moh Ali Aziz, Eddy Faisal, Rento Akhiatri, DH. Ismail, KH.Hasyim Muzadi, Prof.Dr. Nurcholis Madjid, Akbar Zainudin MM, Imam Ratrioso S.Psi, Oky Siqoh Haqiqotan, Hanif Hafidz S.Ag, Muslim Rosyid al-Palembangi, Mustajab Shobari, Suwito Jemari, S.Ag, Ahmad Ghiyats Fawwaz, Akrimul Hakim, Yusra Kilun, Imam Hariyadi MSI, Budi Sukardi MSI, RA Idham S.Sos., Adi W. Gunawan, Aryamer, Masykur Hasan S.Pd.I, Rusen Sunloh, Hakimul Ikhwan PhD, Ahmad Zumaro MA, Ryan Febrianti, M. Dafik, Akbar al-Fahmy Hasbullah, Ahmad Muqorobin Brunai, Azhar Amir PO, Novan Hariansyah MA, Thony Al-Manar, dan masih banyak yang lain.

Para Tokoh dan Pakar: Prof.Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, Ir. Jokowi Widodo Prof.Dr . Achmad Sanusi, Prof.Dr . Dedi Mulyasana Dr.Hari Suderadjat Prof.Dr. Sofyan Sauri, Prof.Dr. Ahmad Tafsir, KH Said Aqil Siroj, Prof.Dr. Karwono, Prof Juhri AM, M.Pd, Prof.Dr. Enizar, Husnul Fatarib PhD, Mukhtar Hadi MSI. Prof.Dr. Aziz Fahrurrozi, Prof.Dr. Azyumardi Azra, Dr. Adian Husaini, Dr. Mahrus As’ad, Umar Samsudin M.A., , KH Salahuddin Wahid. Dr. Syafii Antonio, Dr. Ary Ginanjar Agustian, Taufiq Abdullah, KH. Abdurrahman Wahid, Dawam Rahardjo, KH.Tholhah Hasan, M. J. Langeveld, Ki Hajar Dewantara, Ratna Megawangi, Sofyan A. Djalil, M.Samson Fajar S.Sos, M.Ag, Baedhowi PMPTK, Doni Koesoema, Sapriya, Dhofier, dan lain-lain.

Penulis : Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed
Ukuran : 16 x 21 cm
Halaman : xviii + 190 hlm
Kertas : HVS 70 gram
Cetak : Colour

Ongkos kirim dan Harga : >>Info Pemesanan<<
harga Rp. 60.000,- sudah termasuk ongkos kirim, Jika pesan lebih banyak akan mendapatkan discount lebih kurang 50 % khususnya koperasi pondok yang memesan.. yang berminat silahkan kirim alamat tujuan dan transfer ke BCA an Raden Ahmad Idham no rek : 0711868240, kalau sudah segera kami kirim bukunya, bagi yang beminat hubungi penerbit Wafi Media Tama (021) 95088371 atau Ali Nurdin 081296509127 dan bisa hubungi penulis M.Ihsan Dacholfany 081213022488.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar