Selasa, 29 Desember 2020

PERATURAN MENTRI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NO 19 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN PERATURAN MENDIKBUD NO 8 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)

 Kelompok 14 

PERATURAN MENTRI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NO 19 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN PERATURAN MENDIKBUD NO 8 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Analisis Kebijakan PAI di Indonesia 

Dosen : Prof. Dr. H. Deden Makbulloh, M. Ag. Dr. Imam Syafe’i, M. Ag. Dr. Muhammad Ihsan Dacholfany, M. Ed. DisusunOleh: Fitri Zainatul M (1986108045) Jurusan : Pendidikan Agama Islam Semester / Kelas : III / B PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1440 H / 2019 M 

ii KATA PENGANTAR 

Bismillahirrahmanirrahiim, Alhamdulillah, Segala puji penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT sang maha pencipta atas berkat rahmat, taufik dan karunianya sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Analisis Kebijakan PAI di Indonesia. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti saat ini. Ucapan terima kasih kepada Dosen Pengampu yang telah membimbing kami dalam menyusun makalah ini dan kepada teman-teman yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun khususnya dari dosen mata kuliah Tafsir Tarbawi, guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih baik dimasa yang akan datang. Bandar Lampung, 20Desember 2020 Penyusun iii 

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL...................................................................................i 

KATA PENGANTAR.................................................................................ii 

DAFTAR ISI...............................................................................................iii 

BAB I PENDAHULUAN........................................................................... 5 

A. Latar Belakang.............................................................................. 5 

B. Rumusan Masalah......................................................................... 6 

C. Tujuan .......................................................................................... 6

 BAB II PEMBAHASAN............................................................................ 7 

A. kebijakan Permendikbud No19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik (BOS) ........................................................................................... 7 

B. analisis kebijakan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik (BOS)..................................................... 

10 BAB III PENUTUP.................................................................................... 14 A. Kesimpulan................................................................................... 14 

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 15  

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah salah satu kunci dalam meningkatkan taraf hidup sebuah masyarakat. Dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa setiap warga negara berusia 7-15 tahun 2009 wajib mendapatkan pendidikan dasar. Pendidikan merupakan suatu hak yang diberikan Negara, kepada setiap warga Negara tanpa terkecuali. Peran negara dalam bidang pendidikan tersurat dalam undang-undang menyatakan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga Negara (UUD1945) Pendidikan sendiri memiliki standar yang telah ditetapkan ke dalam 8 Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari 1) standar kompetensi lulusan; 2) standar isi; 3) standar proses; 4) standar pendidikan dan tenaga kependidikan; 5) standar sarana dan prasarana; 6) standar pengelolaan;7) standar pembiayaan pendidikan; 8) standar penilaian pendidikan(PP Nomor 32 Tahun2013). Penyelenggaraan pendidikan tentunya harus memenuhi standar yang telah ditetapkandiatas, termasuk standar pembiayaan pendidikan. Pembiayaan merupakan salah satu investasi sumber daya dalam pendidikan. 1 Program BOS yang memberikan bantuan dana untuk kegiatan operasional sekolah dalam jumlah yang cukup besar, khususnya untuk sekolah-sekolah di daerah perdesaan dan sekolah-sekolah yang sebagian besar siswanya berasal dari kalangan menengah kebawah, telah mengubah struktur pendanaan sekolah secara signifikan. Pemerintah Indonesia menyalurkan berbagai bantuan demi kelangsungan pendidikan salah satunya adalah dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). BOS diperuntukan setiap sekolah di 1 Rubiyati, W., & Ismanto, B. Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diSekolah Dasar.Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan,Pengajaran dan Pembelajaran, Juli 2020. Vol. 6, No. 2. 5 Indonesian bertujuan untuk mengatasi beban biaya pendidikan demi tuntasnya wajib belajar sembilan tahun. Kebijakan pemerintah dengan memberi bantuan dana BOS rawan terjadi penyelewengan dan ketidakefektifan menejemen dana BOS. Secara khusus program BOS bertujuan untuk: 1) membebaskan seluruh siswa SD dan SMP dari biaya operasi sekolah, 2) membebaskan seluruh siswa miskin dari pungutan apapun baik di sekolah negeri maupun swasta, dan 3) meringankan biaya operasional sekolah terutama bagi sekolah swasta (Dirjen Pendidikan Dasar tentang Petunjuk Teknis BOS tahun 2015, 2015: 3). Agar dana dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat terpakai secara efektif dan efisien maka perlu adanya menejemen atau pengelolaan yang baik. B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana kebijakan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS)? 2. Bagaimana analisis kebijakan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS)? C. Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui kebijakan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). 2. Untuk mengetahui analisis Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). 6 

BAB II PEMBAHASAN A. PERMENDIKBUD RI NO 19 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENDIKBUD NO 8 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) 

Menimbang: a. Bahwa dalam upaya mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah sebagai akibat dari meningkatnya dampak penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) terhadap pembelajaran pada satuan pendidikan, perlu adanya perubahan kebijakan pembiayaan operasional sekolah melalui dana bantuan operasional sekolah reguler yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler 

b. Bahwa ketentuan mengenai komponen pembiayaan dalam bantuan operasional sekolah reguler yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler belum mengakomodir penggunaan dana untuk operasional pembelajaran dari rumah, sehingga perlu diubah; c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.2 Mengingat: 2 Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). h. 2 7 1. Pasal 17 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301) 3. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4916) 4. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 137, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4575) 5. Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 242) 6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1673) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 124) 7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 99) MEMUTUSKAN: Menetapkan: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN 8 MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 8 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH REGULER. Pasal I 1. Ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 99) diubah sebagai berikut: Di antara Pasal 9 dan Pasal 10 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 9A sehingga berbunyi sebagai berikut: 3 Pasal 9A 1. Selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, sekolah dapat menggunakan dana BOS Reguler dengan ketentuan sebagai berikut: a. Pembiayaan langganan daya dan jasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2) huruf g dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah, b. Pembiayaan administrasi kegiatan sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat 2 huruf e dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker atau penunjang kebersihan lainnya. 2. Ketentuan pembayaran honor paling banyak 50% (lima puluh persen) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (3) tidak berlaku selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 oleh Pemerintah Pusat. 3 Ibid,. h. 3 9 3. Pembiayaan pembayaran honor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberikan kepada guru yang berstatus bukan aparatur sipil negara dan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: a. tercatat pada Dapodik per 31 Desember 2019, b. belum mendapatkan tunjangan profesi, c. memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah dalam masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat. 4. Ketentuan penggunaan dana BOS Reguler sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) mulai berlaku sejak bulan April tahun 2020 sampai dengan dicabutnya penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-l9 oleh Pemerintah Pusat. Pasal II Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia. B. Analisis Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk Teknis Bantuan Operasional sekolah (BOS) Program BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasional nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Dasar pelaksanaan dana BOS adalah (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 62 tahun 2011 tentang pedoman pengelolaan dana BOS, (2) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 tahun 2016 tentang petunjuk teknis penggunanan dan pertanggungjawaban keuangan dana BOS untuk Sekolah Dasar dan Menengah Pertama, (3) Peraturan Menteri Keuangan tentang pedoman umum dan alokasi dana BOS. 10 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 16 tahun 2016 menyebutkan tujuan dana BOS SD dan SMP secara umum untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu serta berperan dalam mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada sekolah yang belum memenuhi SPM, dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada sekolah yang sudah memenuhi SNP dan secara khusus program BOS SD dan SMP bertujuan untuk (1) membebaskan pungutan bagi seluruh siswa SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SMPT (Terbuka) negeri terhadap biaya operasional sekolah; (2) membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan di sekolah negeri dan swasta; (3) meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta. Peranan program BOS bukan hanya untuk mempertahankan jumlah peserta didik, tetapi berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Selain itu, kenaikan jumlah dana BOS yang signifikan mulai tahun 2009 diharapkan akan menjadikan BOS sebagai pilar utama mewujudkan pendidikan dasar tanpa dipungut biaya dan konsekuensinya pemerintah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pendididkan dasar. Mekanisme penyaluran dana BOS dari tahun ke tahun mengalami perubahan mulai dari tahun 2005-2010 penyaluran dana BOS dari kas umum Negara (RKUN) langsung transfer ke rekening sekolah; tahun 2011 mekanisme penyalurannya berubah dari kas umum Negara (RKUN) transfer ke kas umum daerah (RKUD) pemerintah kabupaten/kota baru ke rekening sekolah; dan tahun 2012 sampai sekarang mekanisme penyalurannya dari kas umum Negara (RKUN) transfer ke kas umum daerah (RKUD) pemerintah propinsi baru transfer ke rekening sekolah.4 4 Julianti Potoh , Vetjen Ilat , Hendrik Manosoh. Analisis Pengelolaan Bantuan Oprasional Sekolah Pada Satuan Dasar Dikota Mobagu. Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. h. 224 11 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 8 tahun 2020 tentang melakukan penyesuaian petunjuk teknis dana Bantuan Operasional Sekolah(BOS). Penyesuaian itu dilakukan untuk mendukung sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran dari rumah.5 Sejak Covid-19 mewabah diIndonesia. Kebijakan penyaluran dan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui kebijakan Merdeka Belajar episode ketiga, penggunaan dana BOS dibuat fleksibel, salah satunya sebagai langkah awal untuk meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer. Penggunaan BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah. Melalui kolaborasi dengan Kemenkeu dan Kemendagri,kebijakan ini ditujukan sebagai langkah pertama untuk meningkatan kesejahteraan guruguru honorer dan juga untuk tenaga kependidikan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang ketentuan pembayaran honor paling banyak 50% tidak berlaku. karena setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda, maka kebutuhan di tiap sekolah juga berbeda-beda. Dengan perubahan kebijakan ini, pemerintah memberikan otonomi dan fleksibilitas penggunaan dana BOS. Dalam Pasal 9a ayat3, ditekankan bahwa pembiayaan pembayaran honor diberikan kepada guru yang berstatus bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan harus memenuhi persyaratan tercatat pada Dapodik per 31 Desember 2019 dan tidak untuk membiayai guru honorer baru, belum mendapatkan tunjangan profesi, dan memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah dalam masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yangditetapkan PemerintahPusat. Ini merupakan langkah pertama untuk memperbaiki kesejahteraan guru-guru honorer yang telah berdedikasi selama ini. Namun,hal ini diikuti dengan 5 Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). h. 2 12 pengetatan pelaporan penggunaan dana BOS agar menjadi lebiht ransparan dan akuntabel. Perubahan Permendikbud yang mendasar khusus dimasa pandemi covid-19 ini, selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, sekolah dapat menggunakan dana BOS Reguler dengan ketentuan pembiayaan langganan daya dan jasa dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah; dan pembiayaan administrasi kegiatan sekolah dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker atau penunjang kebersihan lainnya. Ketentuan penggunaan dana BOS Reguler mulai berlaku sejak bulan April tahun 2020 sampai dengan dicabutnya penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-l9 oleh Pemerintah Pusat. Dana BOS merupakan pendanaan biaya operasional bagi sekolah yang bersumber dari dana alokasikhusus(DAK) nonfisik. Percepatan proses penyaluran dana BOS ditempuh melalui transfer dana dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) langsung kerekening sekolah. Sebelumnya penyaluran harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi. Tahapan penyaluran dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap tahunnya dari sebelumnya empat kali pertahun. Hal ini juga membantu mengurangi beban administrasi Pemerintah Daerah dengan menyalurkan dana BOS dari Kemenkeu langsung kerekening sekolah sehingga prosesnya lebih efisien. Penetapan surat keputusan(SK)sekolah penerima dana BOS dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kemudian disusul dengan verifikasi oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Merujuk pada Petunjuk Teknis (juknis) BOS Reguler Tahun 2020, peningkatan transparansi penggunaan dana BOS oleh sekolah akan semakin 13 optimal. Kemendikbud mengharapkan laporan pemakaian dana BOS mampu menggambarkan keadaan penggunaan BOS yang riil dan seutuhnya. Karena sudah diberikan otonomi dan fleksibilitas kepada Sekolah dan Kepala Sekolah, maka kita juga memerlukan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana. Denganbegitu,Kemendikbud bisa melakukan audit secara maksimal dalam upaya perbaikan kebijakan pendanaan sekolah. Mendatang, penyaluran dana BOS tahap ketiga hanya dapat dilakukan jika sekolah sudah melaporkan penggunaan dana BOS untuk tahap satu dan tahap dua. Sekolah juga wajib mempublikasikan penerimaan dan penggunaan dana BOS di papan informasi sekolah atau tempat lain yang mudah diakses masyarakat. 

14 BAB III PENUTUP A. KESImPULAN Perubahan Permendikbud yang mendasar khusus dimasa pandemi covid-19 ini, selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, sekolah dapat menggunakan dana BOS Reguler dengan ketentuan pembiayaan langganan daya dan jasa dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah; dan pembiayaan administrasi kegiatan sekolah dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker atau penunjang kebersihan lainnya. 

15 DAFTAR PUSTAKA Rubiyati, W., & Ismanto, B. Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diSekolah Dasar.Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan,Pengajaran dan Pembelajaran, Juli 2020. Vol. 6, No. 2. Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang perubahan peraturan mendikbud No 8 Tahun 2020 tentang petunjuk teknik Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Julianti Potoh , Vetjen Ilat , Hendrik Manosoh. Analisis Pengelolaan Bantuan Oprasional Sekolah Pada Satuan Dasar Dikota Mobagu. Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Senin, 07 Desember 2020

PENGALAMAN STUDI TOUR M. IHSAN DACHOLFANY KE PAKISTAN

 

PENGALAMAN STUDI TOUR M. IHSAN DACHOLFANY  KE PAKISTAN

 

Perjalanan ke luar negeri, haruslah mendapatkan wawasan, kenagan  dan pengalamana yang bermanfaat sehingga menjadi pembelajaran bagi dirinya maupun orang lain, begitu juga dalam perjalanan ke Pakistan, yang kebetulan menapat undangan dari Pemerintah Pakistan melalui Komisi  Pendidikan kepercayaan untuk hadir pada acara Konferensi internasional sebagai Key note Speaker bersama dengan negara Saudi, UK dan Malaysia.

Berdasarkan wawancara dengan saudara M. Ihsan Dacholfany, bahwasannya tulisan ini hanya berniat baik agar berguna dan bermanfaat, bagaimana proses perjalanan serta berbagi  pengalaman saja,  Undangan yang dia terima  dari Pemerintah Pakistan melalui Kementrian Pendidikan melalui  kawannya Dr. Nanang dengan syarat   mengirimkan abstrak makalah dan biodata diri yang lengkap lalu diseleksi oleh panitia.

Setelah diseleksi artikel dan biodata diri oleh Panitia, semua calon key note speaker diberitahukan melalui email tentang pemberitahuan  keynote speaker, apakah diterima atau tidak, bagi yang mendapat kesempatan untuk hadir di Pakistan, dengan konsekuensi pembiayaan akomodasi, pesawat, penginapan, serta lainnya ditanggung oleh pemerintah Pakistan.

Perjalanan  ke Pakistan, tentunya  tidak semudah yang dia alami pada saat  pergi ke Singapura, Brunai Darussalam, Thailand Malaysia disebabkan harus mengurus Visa, Para Pengunjung atau yang mau pergi ke Pakisatan  dharuskan  mengurus Visa terlebih dahulu di Kedutaan Pakistan yang berada di Jakarta dengan membawa surat undangan sebagai dari lembaga pengundang/sponsor/Penanggung Jawab, kami yang Keynote Speaker juga harus menunjukan surat undangan walaupun melalui E-Mail, Tentunya hal ini,brau pertama kali mengurus visa sendiri, walaupun mengalami kesusahan dalam melengkapi persyaratan   harus tetap dijalani, yang dimulai dari bawa photocopy  KTP (Kartu tanda Pendiduduk),  dan kartu Keluarga (KK) ,  pengantar tempat kerja/kampus, surat undangan dari kampus atau lembaga  yang mengundang/sponsor, pasport halaman pertama (data diri), surat pengantar RT, Kelurahan, Polsek, Polres,Polda dari tempat asal kita, lalu dibawa ke Mabes Polri Ke Jakarta (semua masing-masing memerlukan pas photo yang berukuran 4x6 berlatarbelakang merah sebanyak 5 lembar)  dengan mengisi formulir yang telah disediakan atau bisa didownload, harus ada surat  izin keluraga (/istri/suami/keluarga)  untuk menguruskan SKCK(Surat Keterangan Catatan Sipil), sedangkan untuk mengurus Visa harus ada undangan sponsor/lembaga yang mengundang, bukti surat keterangan dan kepemilikan Rekening Bank, surat izin dari kampus / atasan serta mengisi formulir tentang biodata diri kita mulai dari data orangtua , anak, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan Pas foto berlatar belakang Biru yang berukuran 4x6 sebanyak 6 lembar, Dengan menunggu sabar, setelah menunggu selama 3 hari dalam mengurus Visa di Kedutaan Pakistan yang beralamat di Mega Kuningan Barat, Block E.3.9.Kav.5-8, Rt.1. Rw.2 Kuningan Jakarta Seklatan, telp.021-57851836, visa dapat diterima dengan mendapatkan izin dari Kedutaan Pakistan  selama 2 minggu untuk tinggal di sana, bagi yang mau kuliah untuk menjadi calon, bianya bersamaan dengan calon mahasiswa lain,adapun  orang Indonesia yang bekerja di sana untuk komunikasi adalah mb Jingga, sedangkan  kantor kedutaan untuk mengurus Visa, dibuka pada  hari Senin sampai hari Jumat, dibuka mulai jam 8 pagi sd 12 siang saja, dan membayar uang 250 sd 750 ribu, tergantuang tujuan untuk datang ke Pakistan, yang disetor langsung ke Bank yang telah ditentukan, untuk  menguruskan visa sebaiknya beberapa minggu sebelum keberangkatan, dan tidak usah membeli tiket terlebih dahulu sebelum ada kepastian Visa akan diterima, dalam pembelian tiket pesawat, bisa dibeli melalui travel / agent yang bisa dipercaya, jika mau beli sendiri bisa melalui melalui online seperti sky, ....dan harus mempunyai  kartu kridit bank sebagai syarat pembayarannya, Jika ada  kawan atau panitia yang berada  di sana dan mau membantu, lebih baik beli di sana sebab  harganya lebih murah, kita hanya memberitahu data pasport kita, beberapa hari di sana dan mau transit ke mana saja, dan rentang waktu perpindahan pesawat harus sesuai dan cukup waktunya.

Jika mau ke Pakistan  dari daerah, biasanya transit di bandara Soekarno hatta di Jakarta, lalu ke Malaysia Kulalumpur atau Qatar  lalu ke Pakistan, alangkah baiknya beli tiketnya connect (bersambung) dengan pesawat yang sama, supaya mudah dalam perpindahan dari pesawat yang satu dengan pesawat yang lainnya, kalaupun beda pesawat (tidak bersambung/ beda pesawat) harus memiliki rentang  waktu paling sedikit 3 jam, sebab setiap negara yang kita transit  harus antri dahulu  di imigrasi menuju ke negara lain dan chek in dahulu dengan antrian yang panjang, dan pasti membutuhkan waktu yang lama.

Melalui pesawat Uni Emirat, perjalanan dari Jakarta menuju negara Qatar sangat menyenangkan, dengan  pesawat yang besar, pelayananan pramugari dan pramugara yang santun dengan menanyakan  menu minuman makanan dan minuman yang kita inginkan secara gratis, serta tempat duduk yang nyaman dengan bantal dan selimut serta layar TV kecil di depan tempat duduk kita,  dengan melalui headset, kita boleh mendengar dan menonton, mulai dari komedi, musik, berita, film perang, game, promosi keindahan alam negara, gedung gedung yang indah  serta melihat  Musium dan kampus yang ada di sana dan lainnya, selama lebih kurang 6 jam tidak terasa, sampailah ke negera Qatar, lalu menuju ke Negara Pakistan, di Qatar kebetulan bertemu dengan alumni Pesantren Gontor, Ustadz Dedi Mulyanto, Ustadz Muhammad Ulul Azmi dan ustadz Fikri alumni Mesir yang kerja di Kedutaan Qatar, kamipun bertemu dengan orang Indonesia yang bekerjasana di sana  sambil mengurus kegiatan pembelajaran dan agama di Markaz  Sheikh ‘Abdullah Bin Zaid Zaid Al- Mahmoud Islamic Cultural Center yang di dalam nya ada Qatar Islamic Cultural Center.

Menjelang sore hari  dihantar ke Bandara Qatar, sambil menunggu pemberangkatan pesawat ke Pakistan menuju Multan, ia bertemu dengan dosennya dahulu, yang kebetulan juga  di undang menjadi Key Note Speaker pada acara Konferensi Internasional, beliau adalah dosen senior  di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), yaitu Prof. Dr. Nor Aishah Buang,  bercerita bersama beliau tentang keadaan kampus serta  kenangan selama di Malaysia, khususnya waktu belajar dengan beliau pada  pemberi materi  kuliah tentang research (penelitian) dan Kewirausahaan (Beliau Memang pakarnya), dan teringat pula pada waktu saudara ihsan mengajar mengaji 2 anaknya Prof Nor Aishah Buang di rumahnya, yang sekarang anak-anaknya sudah besar.

            Setelah lama berbincang-bincang di restoran Bandara, akhirnya berangkatlah kami  bersama menuju Pakistan, tidak terasa selama lebih kurang 3 jam, kami sampai malam hari nya di Pakistan tepatnya bandara Multan, setelah melaui pemeriksaan yang ketat dan scan barang serta ditanyai petugas Imigrasi tentang tujuan ke Pakistan, bawa apa saja, siapa yang tanggung jawab di Pakistan dan berapa no HP nya, serta menyerahkan semua bukti undangan, pasport danvisanya dll, setelah pemeriksaan semuanya, barulah kami bertemu panitia Konferensi Internasional, saudara Bilal, seorang  hafidz Qur’an, yang punya  rencana untuk melanjutkan S-3 di Indonesia, beliau memabwa staf kampus dan pihak aparat (angkatan) yang akan menghantar kami ke tempat penginapan bagi keynote speaker dan para undangan dan

Ternyatanya kami disediakan, setiap orang 1 kamar di Guest house kampus, dengan perlengkapan seperti hotel dan pengawalan ketat di dalam Gedung, sengaja Wifi Internet dimatikan, untuk membeli paket inetrnet agar bisa komunikasi dengan keluarga dll, kami tidak boleh keluar, akhirnya paket internet dibelikan oleh panitia karena untuk membeli paket internet  harus menggunakan biodata diri dan scan jari tangan, dan kami tidak boleh sembarang memberikan no telp ataupun kartu nama kecuali sudah dikenal atau panitia.

Pagi harinya, kami dijemput oleh Panitia menuju Aula Konferensi Internasional, tepatnya tanggal 19 Maret 2018 acara Pembukaan dimualai dengan Laporan Ketua Panitia oleh saudara Dr. Abid Shahzad, dan Sambutan Dekan Departemen Pendidikan, Prof.Dr . Akhtar  Ali,   dan Sambutan dari Higher Education Commission of Pakistan (Komisi Perguruan Tinggi Pakistan), hiburan mahasiswa lalu persaentasi para key note speaker hadir dari di aula seperti, Muhammad Zuhdi dan M. Ihsan Dacholfany dari Indonesia, Muhammad Iqbal dari Saudi Arabia, Naveed Sultana dari Nasir Mahmood dan N.B. Jumani dari Islamabad, Muhammad Asif Malik dan Muhammad Sarwar dari Sargodha, Khalid Khrshid dari Multan dan  Nor Aishah Buang dari Malaysia, Naureen Durrani  dari UK, Riaz UI Haq Tariq, Rafaquat Ali Akbar dan Muhammad Saeed dari dari Lahore.

Adapun tema yang disampaikan oleh saudara Ihsan pada  Konferensi internasional adalah Creating Peace And Guidance Noble Character Through Education, yang dijelalaskan dengan menggunakan bahasa Ingris dan Arab begitu juga powerpoinnya dengan judul .

Keseokan harinya, sebagian dari keynote speaker diharap hadir untuk memimpin konferensi internasional dalam rung  paralel,cukup banyak yang persentasi, khususnya dosen di luar kampus maupun  luar kampus serta beberapa mahasiswa pascasarjana S-2 dan S-3 untuk  mempersentasikan hasil tesis dan disertasi mereka, mereka kelihatannya, sudah biasa persentasi dengan menggunakan bahasa Inggris walaupun bahasa keseharian mereka adalah bahasa Urdu, yang agak uniknya di Pakistan, para wanita sangat terjaga maruah (wibawa dan harga diri mereka), khusunya dalam komunikasi atau berbicara yang bukan muhrimnya, apalagimengirim warganegaranya untuk menjadi TKI maupun TKI,  tidak seperti Indonesia yang warganegaranya banyak dikirim krnegera lain, namun anehnya saat acara selesai di ruang paralel, mereka senang sekali mengajak photo bersama dengan kami bahkan diajak selfie, mungkin kami dianggap orang asing dan dosen luar negara.

Setelah acara paralel, sore hari, semua keynote speaker, tamu undangan serta pembicara paralel hadiri semua dalam acara penutupan konferensi Internasional di aula universitas, alhamdulillah acara berjalan lancar dengan laporan ketua panitia, dan dekan, majlis pendidikan tinggi dan pemberian cindera mata dan sertifikat kepada Keynote Speaker dan akhirnya acara ditutup oleh Vice Chansellor  Islamia Bahawalpur University, Prof. Dr.Qaeser Musthaq.

 

Sorenya Panitia dan tamu undangan dan para keynote speaker diber jamuan makan di restoran khas Pakistan dengan menu yang unik, tentunya halal, kami dikawal lagi oleh satu mobil angkatan Pakistan, maklumlah, kami sebagai tamu negara yang harus aman dan nyaman dalam perjalanan.

Malamya para tamu dan para keynote speaker dihantar pulang, khususnya tamu dari luar negara dihantar sampai bandara Multan, transit dahulu ke Dubay, Qatar ataupun Kualalumpur, sedangakan saudara ihsan dihantar samapai ke Islamabad, ibukota Pakistan, sampai ketemu orang yang betul dipercaya untuk menjaga keamaannya, alhamdulillah bertemua dengan mantan ketua IKPM Pakistan, saudara Zulfikri Hasibuan- MS Arabic /Kuwait Hostel yang sekarang ini sedang meneyelesaikan tesisnya.

Lalu saudara ihsan  di bawa ke hotel, yang murah meriah, yang seharinya tidak kurang dari 200 ribu rupiah, maklum mayoritas mahasiswa di Pakistan adalah tinggal di asrama kampus, kalaupun ada sudah berkeluarga, mereka menyewa rumah kecil yang cukup untuk anak istrinya/ suaminya, dengan hotel tersebut saudara ihsan  pun merasa nyaman dan pas utuk istrahat.

 

Pagi itu juga saudara Ihsan  dibawa keliling oleh Zulfikri kampus IIUI  (International Islamic University Islamabad), sambil menghadiri sidang tesis mahasiawa,   menurut sejarah, kampus tersebut  didirikan di Islamabad pada 11 November 1980 M. bertepatan dengan 01 Muharram 1401 H. Dalam bahasa Pakistan biasa disebut, Baina el-Aqwâm Islami University atau Universitas Antar Bangsa. Universitas ini dibangun atas aspirasi dan hasrat negara-negara Muslim yang menginginkan terbentuknya sebuah Universitas Islam berskala Internasional sebagai simbol dari sebuah kebangkitan Islam universal. Insha Allah Indonesia juga sudah merancang dan berInisiatif Pemerintah mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat internasional dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia di dunia internasional (ww.tribunnews.com/nasional/2018/01/18/ini-tujuan-dibangunnya-universitas-islam-internasional-di-cimanggis).  Di mana program pendidikan IIUI Pakistan ini lebih diprioritaskan pada Islamic Studies, dengan sistem pendidikan modern yang berpijak pada al-Quran dan as-Sunnah, namun seiring dengan adanya perkembangan zaman IIUI mulai melebarkan sayap dan membuka beberapa fakultas umum. Dalam sistem pendidikan dan pengajaran, IIUI menjadikan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan. Ketika didirikan pada zaman pemerintahan Jendral Zia-ul-Haq IIUI belum memiliki kampus sendiri karena keterbatasan dana, maka pemerintah Pakistan ketika itu memberikan tempat sementara untuk IIUI di pinggiran kota Islamabad menyatu dengan Masjid Faishal (sebuah bangunan hasil arsitektur Mr.Veda Dolokey dari Turki). Masjid ini menempati area seluas 189,705 meter persegi, dan dapat memuat 200 ribu orang. Sejak awal berdirinya hingga sekarang tak kurang 56 negara baik dari negara muslim dan nonmuslim pernah menimba ilmu. Sejak tahun 2001 IIUI telah resmi menempati kampus baru (new campus) di kota Islamabad juga, namun kampus lama masih digunakan oleh Islamic Research Institute (IRI) dan Academy dakwah juga Shariah Academy. Adapun tujuan didirikannya IIUI  ini adalah untuk mencetak dan membina  individu dan masyarakat yang siap mengabdikan diri dalam melakukan pembaharuan dalam segala bidang dengan bingkai nilai dan spirit Islam yang tercermin dalam setiap pribadi pelajar ataupun staf pengajar dan juga sistem pendidikan yang diterapkan. Sehingga yang menonjol dari sistem pendidikan di IIU ini adalah, penggabungan antara sistem pendidikan kalsik (turats) dan modern, Kampus IIUI mempunyai  struktur organisasi yang disebut dengan Majelis al- Umana (Board of Trustees), yang memegang otoritas kebijakan mengikat atas perjalanan IIUI. Di mana Presiden Pakistan langsung menjadi penasehat dari Majelis ini, sedangkan untuk kepengurusan hariannya adalah dipimpin oleh seorang Rektor dan Presiden serta wakil Presiden. Adapun Presiden IIUI sekarang adalah Prof. Dr. Anwar Hussain Siddiqui.

 

            Adapun  Keunggulan Kuliah di IIUI memiliki Kurikulum yang telah terakreditasi secara internasioanal dan Universitas yang menerapkan kolaborasi dengan universitas-universitas asing ternama, dan banyak diminati pelajar asing dari berbagai Negara serta Universitas pertama di Pakistan yang kurikulumnya mengajarkan bidang ilmu- ilmu Islam, sains dan manajemen serta Fakultas-fakultas yang bonafide dengan fasilitas kelas yang sangat nyaman dengan  full-AC, adapun Studi-studinya lebih ditekankan pada bidang penelitian (research), kelebihannya juga tata letak kampus yang sangat bagus dan fasilitas yang lengkap, khususnya dalam hal akses internet secara cuma-cuma, juga tersedia lebih dari 70 bus mahasiswa yang membawa mahasiswa ke berbagai tujuan tanpa dipungut biaya (Gratis), sedangkan bagi mahasiswa asing disediakan hostel atau asrama.

Pada umumnya tenaga Pengajar/ dosen  International Islamic University datang dari berbagai perguruan tinggi terkenal di dunia, merupakan lulusan program S2 dan S3 dari Universitas Islam Madinah, Universitas Imam bin Saud Riyadh, International Islamic University Islamabad Pakistan, Universitas Al-Azhar Mesir, Universitas Cairo-Mesir, Universitas Punjab Lahore, Universitas Michigan Law School Aan-Abbrorr USA, Universitas London UK, Harvard University dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

            Setelah ke kampus saudara Ihsan diajak ke Masjid Faesal, sambil membeli soevenir khas Pakistan sambil,  masjid Faisal  adalah masjid terbesar di Pakistan, letaknya di Islamabad, ibu kota negara itu. Islamabad. Masjid ini dianggap sebagai Masjid Nasional Pakistan, namanya menyandang almarhum dari  Raja Faisal bin Abdul-Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan mendanai proyek pembangunannya. Masjid Faisal berdiri di tanah seluas 5.000 m2, dapat menampung 10 ribu jamaah dalam ruang shalat, 24 ribu di portico, 40 ribu di halaman, dan 200 ribu dalam halamannya, dengan Interior ruang utama ditutupi dengan lantai marmer putih dan dihiasi dengan mosaik dan kaligrafi oleh seniman Pakistan, Sadeqain, dan lampu gantung khas Turki. Pola mosaik memperindah dinding barat. Kaligrafi ayat ditulis lebih dulu di dinding barat dan ayat lain tertulis dalam tulisan kufi awal diulang dalam pola gambar cermin. Keindahan dari rancangan sederhana yang terpilih. Masjid Faisal adalah karya arsitek Vedat Dalokay yang memenangkan penghargaan Aga Khan untuk bidang arsitektur. Arsitektur masjid ini modern dan unik, tanpa kubah tradisional dan lengkungan yang ada di sebagian besar masjid di seluruh penjuru dunia.

Keesokan harinya, saudara ihsan diajak ketua IKPM, bang Rahman Ali Fauzi/LLB, Syariah and Law/ Kuwait hostel, nbang Fahmi Wira Angkasa, bang Syarif Husain-BS Islamic studies, bang Zulfikri Hasibuan-MS Arabic dan kai jalan –jalan  ke musium Lok virsa adalah budaya indah Pakistan, museum Lok Virsa di Islamabad menyimpan warisan yang kaya dari semua provinsi dengan tampilan budaya Pakistan, peninggalan bersejarah atau artefak dari berbagai bagian negara, museum ini mengintegrasikan semua warisan beragam Pakistan, sementara keindahan semua provinsi termasuk Kashmir dan Gilgit Baltistan adalah apa yang disaksikan para pengunjung begitu mereka memasuki museum, barang-barang antik dari peradaban kuno bersama dengan dinding magis museum menceritakan kisah-kisah sejarah negara yang kaya.Koleksi peninggalan untuk museum Lok Virsa dimulai pada tahun 1974 yang dipajang pada tahun 2004. Museum ini juga menyimpan artefak bersejarah dari zaman para sufi, dengan alat musik antik yang dipamerkan bertujuan untuk mewakili keterampilan rakyat Pakistan. Karena koleksi yang unik, pentingnya dan daya tarik museum meningkat dari hari ke hari berdasarkan kemajuan dan perkembangan zaman.

Setelah itu kami pergi ke Pakistan monument adalah Monumen Pakistan di Islamabad, Pakistan, adalah monumen nasional yang mewakili empat provinsi dan tiga wilayah negara. Setelah kompetisi di antara banyak arsitek terkenal, rencana Arif Masood dipilih untuk desain akhir. Bentuk bunga mekar dari monumen mewakili kemajuan Pakistan sebagai negara berkembang pesat. Empat kelopak utama dari monumen mewakili empat provinsi (Balochistan, Khyber-Pakhtunkhwa, Punjab, dan Sindh), sedangkan tiga kelopak yang lebih kecil mewakili tiga wilayah (Gilgit-Baltistan, Azad Kashmir dan Wilayah Suku yang Diatur Federal). Monumen telah dirancang untuk mencerminkan budaya dan peradaban negara dan menggambarkan kisah Gerakan Pakistan, didedikasikan untuk mereka yang mengorbankan diri untuk generasi mendatang.

Dari udara monumen tampak seperti bintang (tengah) dan bulan sabit (dibentuk oleh dinding yang membentuk kelopak), ini mewakili bintang dan bulan sabit di bendera Pakistan.

Museum Monumen Pakistan terletak di depan Monumen Pakistan di Shakarparian, Islamabad, Pakistan. Museum dibuat untuk memberi penghormatan kepada mereka yang mengorbankan semua kehidupan untuk sebuah tanah air yang terpisah. Pemerintah Pakistan membangun museum ini untuk menunjukkan beberapa gerakan khusus dalam pembuatan Pakistan. Museum Monumen Pakistan adalah tempat terbaik untuk para pecinta sejarah. Ada jam 10 pagi hingga 8 malam. Fasilitas museum termasuk dokumenter audio, buku sejarah,dan kami pun pergi ke Daman e-Koh Islamabad, kami pun keliling naik onta  di sana.

Hari selanjutnya diajak bang Fauzi ke melihat pakistan paradise day Pakistan di lapangan (https://www.youtube.com/watch?v=aUMyKnxvEmc), menurut sejarah bahwa Pakistan Day) atau Pakistan Resolution Day, juga Hari Republik, adalah hari libur nasional di Pakistan untuk memperingati Resolusi Lahore yang disahkan pada 23 Maret 1940  dan adopsi dari konstitusi pertama Pakistan selama transisi dari Dominion of Pakistan ke Republik Islam Pakistan pada 23 Maret 1956 menjadikan Pakistan sebagai republik Islam pertama di dunia dan Pawai Hari Republik oleh angkatan bersenjata sering menjadi bagian dari perayaan serta  Hari itu merayakan adopsi resolusi Pakistan oleh Liga Muslim di Minar-e-Pakistan (dinyalakan Menara Pakistan) yang menyerukan pembentukan federasi independen yang terdiri dari provinsi-provinsi dengan mayoritas Muslim yang terletak di wilayah barat laut dan timur laut Inggris. wilayah yang dikuasai di India (tidak termasuk Negara-negara pangeran otonom) pada 23 Maret 1940. , Sejak itu, hari ini dirayakan setiap tahun di seluruh negeri sebagai hari libur umum. Angkatan Bersenjata Pakistan biasanya mengadakan parade militer untuk merayakan acara tersebut dan semua libur menyaksikan kegiatan tersebut.

 

Setelah mengikuti acara Paradise day Pakistan, kami juga pergi  Kampus  Alam Iqbal  University, ternyata sama dengan  IIUI , untuk biaya kuliah untuk tingkat magisetr hanya 2 juta 500 ribu nilai rupiah persemester, S-3 hanya 5-6 Juta rupiah, sedangkan S-1 hanya 1 juta 500 ribu rupiah persemester.

Sorenya kami berkumpul di rumah ustadz Khoerul Huda, alumni Gontor, berkumpul IKPM Pakistan dan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia ( PPMI) cabang Pakistan, perkumpulan hanya sekedar bincang santaindan tajamuk yang hanya berniat untuk silaturahmi, silatur arro’u, silatur amal, silatur bayan dan lain, adapun tema yang dibahas adalah: “How to Succed during and after studying abroad” (https://ppikpm.gontor.ac.id/beritaikpm/ikpm-gontor-cabang-pakistan-adakan-bincang-santai-degan-dr-ichsan-dacholfany/)

 

Beok Paginya,saya harus pulang namun di  malam hari sebelum pulang, kami kumpul di depan hotel sambil minuman khas Pakistan, bersama Taufik Maulana/LLM Syariah and Law, Auliyaurrachman/BS Islamic studies, Heryanto/Sekpri ATHAN KBRI Islamabad dan Zulfikar Alamsyah/Local staff  KBRI Islamabad, mereka banyak bercerita tentang politik dan hukum serta pendidikan di Pakistan, yang mengejutkan bagi saya  adalah, ada  prajurit yang bangga dihukum dan rela ditembak mati  karena telah berani menembak dan membunuh  atasannya karena atasannya telah menghina agama Islam, bagaimana dengan negara lain, termasuk Indonesia.

 Untuk kuliah di IUUI Islamabad dan Islamia University Bahwalpur adalah sebagai kota yang aman dan nyaman untuk kegiatan masyarakat dan perkuliahan walaupun di setiap tempat ada aparat yang menjaga, karena lebih dari 75 % anggaran negara hanya digunakan untuk keamanan.

            Kesesokan harinya, saya pulang ke Indonesia dengan dihantar oleh kawan, melalui bandara Benazir bhuto pakistan, ila liqo Pakistan, mudah-mudahan ada kesempatan untuk hadir kembali, menurut rencana Panitia PPMI akan mengadakan Simposium di Jordan, Insha Allah bisa bertemu kembali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rabu, 24 Oktober 2018

BUKU: LAMPUNG PUNYA PONDOK PESANTREN

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwij-ZSov6DeAhVJMo8KHXHRDAAQFjABegQICBAC&url=http%3A%2F%2Fiqrometro.co.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F06%2Fbuku-lampung-juga-punya-pp.pdf&usg=AOvVaw2T3uley408LYWV5ty-posb


Lampung Juga Punya PONDOK PESANTREN - Iqro Metro


iqrometro.co.id/wp-content/uploads/2018/06/buku-lampung-juga-punya-pp.pdf


 


boleh di down load

Biodata dr. M. ihsan Dacholfany, M.Ed

BIODATA   M IHSAN DACHOLFANY
 ihsan kc - CopyScan20003 Scan20002ihsan waka III bani saleh

A.    Identitas Diri


1
Nama Lengkap (dengan gelar)
Dr. M.Ihsan Dacholfany, M.Ed                            
2
Nama Ayah
Nama Ibu
H.M. Dahlan Nanung
Hj. Siti Chodijah Yusuf
3
Nama Istri
Nama Anak
Bd. Evi Yuzana, SKM
  1. Nurul Izzah fizadinajah
  2. Natsir ai-Irsyad Fizadinajah
  3. Nafisah Irtiyah Fizadinah
4
Jabatan Fungsional
Lektor / III D/ 2013/364
5
Jabatan Struktural
Ketua Program Pascsasarjana   Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro Lampung Indonesia
6
NIDN
0229077501
7
NBM              
985941. 08 Agustus  2006
8
 KTP               
1872042907750001
9
Tempat dan Tanggal Lahir
 Palembang, 29 Juli 1975
10
Alamat Rumah
Jalan. A.Yani 162 Rt.34, Rw.016,  Metro Iring Mulyo  lampung
11
Nomor Telepon/ Faks/ HP
+6281213022488 dan   +6281315394685
12
Alamat Kantor
Universitas Muhammadiyah Metro, Pascasarjana
Jl. Ki Hadjar Dewantara,  Kota Metro Lampung
13
Nomor Telepon / Faks / Pos
0725-42445  /-42454  ,   34111
14
Alamat yahoo. email
Alamat Word Press
Alamat gmail
Google Scholar

Sinta Ristek Dikti

id.scopus
id SINTA
Blog
mihsandacholfany.home.blog
muhammadihsandacholfany@gmail.com
http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6001806&view=overview

57196084106
6001806
https://mihsandc.blogspot.com/
15
Asuransi kesehatan    
0000201643806
16
NPWP
54.603.803.5-321.000

17
No Serdos
In.06.0/R/PP 00.9/3315.A/2010
18
Mata Kuliah yang Diampu
  1. Ilmu Pendidikan Islam
  2. Metodologi  Studi islam
  3. Manajemen Pendidikan

19
Riwayat Pendidikan

D-3 / S-1
S-2
S-3








Nama Perguruan Tinggi
Universitsa Indonesia / IPRIJA Jakarta
Universitas Kebangsaan Malaysia
Universitas Islam Nusantara Bandung


Bidang Ilmu
Ekonomi / Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Manajemen Pendidikan


Tahun Masuk-Lulus
1997-2001
2001-2004
2008-2011


Judul Skripsi/Tesis/Disertasi
Pembaharuan Pesantren di bidang Pendidikan
Analisa Islamisasi Kurikulum Menurut Hasan Langgulung
Gaya Kepemimpinan Kyai dalam Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Gontor


Nama Pembimbing/ Promotor
Dr.H. Armada Hadi, M.Pd
Prof.Dr. Ab. Halim Tamuri
 1.Prof. Dr.  
      A.Sanusi,
2.Prof.Dr. Sofyan
     Sauri, M.Pd
1.                 3.Dr.H. Hari Suderajat, M.Pd

20
Riwayat Pekerjaan





Nama Lembaga
s/d Tahun
Tempat
Keterangan

Guru  dan Pembina Perpustakaan di Pondok Pesantren Gontor PO Jawa Timur
1996-1997
Ponorogo-Jatim
I Tahun

Pengasuhan Santri dan  Guru  Pesantren Husnayain
1998-2001
Jakarta
4 Tahun

 Guru  SMK Tunas Islam, SMA Perguruan Nasional, SMK Giri Kencana Jakarta
1997-2002
Jakarta
2 Tahun

Guru  Sekolah Integrasi kaffa Malaysia
2001-2002
Malaysia
2 Tahun

Guru  Lembaga Dakwah Ar-Risalah Jakarta
2004-2006
Jaakarta
2 Tahun

Guru  dan Pembina Keagamaan Pesantren Siswa Unggulan
2004-2006
Jakarta
2 Tahun

Dosen AMIK YAPRI, IAIA Al-Ghrobaa
2004-2013
Jakarta
7 Tahun

Guru SMPIT, UIC, Tunas Islam, al-Ma’ruf
2006-2009
Jakarta
3 Tahun

Dosen  IPRIJA, Univ. Ibnu Kholdun,
Bina Madani,IMMI
2004-2013
Jakarta
11 Tahun

Dosen STAI Bani Saleh
2009-2013
Bekasi
4 Tahun

Dosen STKIP Kumala
2013
Lampung
+ 1 Tahun

Dosen STAIN Jurai Siwo
2007-sekarang
Lampung
+- 6 tahun

Dosen Universitas Muhammadiyah Metro
2013-Sekarang
Lampung
3 Tahun
21
Jabatan Dalam Pengelolaan Institusi
Peran/Jabatan
Institusi(Univ,Fak, Jurusan, Lab, Studio, Manajemen Sistem Informasi Akademik dll)
Tahun ... s.d ...


Wakil  Dekan
Fakultas Tarbiyah  IPRIJA
2004 – 2007


Wakil Direktur
PGTKI Tunas Islam
2004 – 2009


Dekan
Fakultas  Syariah  IPRIJA
20072009



Sekretaris Prodi
PGMI  STAI Bani Saleh
2007-2008


Kepala Penjaminan Mutu
STAI Bani Saleh
2007-2008


Kepala Penelitian dan pengabdian Masyarakat
STAI Bani Saleh
2008-2009


Wakil Ketua  III Bidang Kemahasiswaam
STAI Bani Saleh
2009-2011


Kepala  Bidang Kerjasama dan Kelembagaan
STAI Bani Saleh
2011-2013


Kaprodi PAI
STAI Binamadani
2010-2011


Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan
STAI Binamadani
2011-2013


Direktur Pascasarjana

Yayasan Parsha Bangsa
2013-2014
22
Organisasi Ilmiah
Jenis/Nama Organisasi
Jabatan/jenjang keanggotaan
Tahun


Pengurus Muhammadiyah Jakarta Timur
Pengurus Majlis Tabligh
2005-20110


Jurnal Ad-dakwah  Kampus IPRIJA
Staf Redaksi
2007-2009


Jurnal Lentera Tarbiyah STAI Bani Saleh
Pimpinan Redaksi
2009-2012


Jurnal Tarbawi STAI Binamadani
Staf  Redaksi



Jurnal  Nizom
Redaktur
2010-2015


Jurnal Az-Zikri

Mitra Bestari
2013-2015


Jurnal At-Ta’dib
Mitra Bestari - Editor
2016-Sekarang


Jurnal Dewantara
Mitra Bestari- Editor
2016-Sekarang


Jurnal At-Tajdid
Pimpinan Redaksi - Editor
2016-Sekarang

Organisasi Profesi dan Kemasyarakatan
Jenis/Nama Organisasi
Jabatan/jenjang keanggotaan
Tahun


Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) Pesantren Gontor
Ketua Bidang
1996-1997


Pengurus Yayasan Tunas Islam
Wakil Sekretaris
1998-2002


Pengurus Muhammadiyah Jakarta Timur
Pengurus Majlis Tabligh
2005-2010


Dewan Mahasiswa Kampus IPRIJA
Presiden Mahasiswa
2000-2002


IMM, KAMMI dan HMI
Anggota
1998-2002


Persatuan Pelajar Indonesia di UKM Malaysia
Sekretaris
2002-2004


Persatuan Alumni Malaysia (PAM) Cabang Lampung
Ketua
      2015-2020


Ikatan Alumni Pondok Modern (IKPM) Cabag Lampung
Staf Pendidikan dan Pengajaran
2015-20120


Pengurus Ranting Muhammadiyah Iring Mulyo
Staf Pimpinan
2015-2019


Pengurus Cabang Muhammadiyah
Wakil Ketua Majlis Dikdas
2016-2019


Pengurus Daerah Muhammdiyah
Anggota Majlis Dikdas
2016-2019


KAHMI Metro
Ketua bidang Pendidikan dan Pelatihan
2016-2020


ADRI Lampung
Sektertaris bidang Kerjasama dan Harlindung
2017-2021


PDRI Lampung
Wakil Ketua
2018-2022

B.     PENULIS DI JURNAL ILMIAH

NO
JURNAL
JUDUL
VOL / HAL

ISSN
TAHUN
KETERANGAN

1
AD-DAKWAH
Analisis Pemikiran Syed Ali Shraf Tentang Masalah Pendidikan

Vol.3. No. 1,
H.


ISSN: 1693-247x, vol. 3, 2005,
2005
IPRIJA Jakarta.

2
 LENTERA TARBIYAH
Sistem dan Pendidikan Menurut
 Ibnu Sina



Vol. 1, No. 01,
H.
ISSN: 2086-7875
2010
 STAI Bani Saleh Bekasi

3
AL-GHUROBAA
Pendekatan Mempelajari Agama


vol. 14, no. 01, H.
ISSN: 0853-6295,
2010
IAI Ghurobaa, Jakarta.
4


NER (NUSANTARA EDUCATION REVIEW)
Manajemen Mutu Pendidikan Dan Kepemimpinan Pendidikan

Vol.1, No. 4,
H.1-13
ISSN: 1979-9004,
2010
PPs kampus UNINUS Bandung
5
AL-GHUROBAA
Tinjauan Awal Analisis Swot Pada Sekolah Kejuruan

vol. 14, no. 01, H.
ISSN 0853-6295,
2010
, Kampus Institut Agama Islam Al-Ghurobaa, Jakarta.

6
AKADEMIKA
Manajemen Mutu Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Islam

Vol. 15
No. 2 H.110-124
ISSN: 0853-971,
2010
P3MP
STAIN Jurai Siwo lampung.

7


AL-GHUROBAA

Tinjauan Awal Analisis Swot Pada Sekolah Kejuruan



Vol. 14, no. 01,
H.61-69


ISSN: 0853-6295,

2010

IAI Ghurobaa, Jakarta.

8
 LENTERA TARBIYAH 
Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren
Vol. 1, no. 02
Issn: 2086-7875


2011
 STAI Bani Saleh Bekasi

9
AKADEMIKA
Konsep Masyarakat Madani Dalam Islam”

Vol. XVII
no. 1, Januari-Juni

ISSN: 1693-0693x

2012
P3MP,  STAIN Jurai Siwo lampung.


10


KORDINAT 

Faktor Kegagalan Dan Kunci Sukses Dalam Kepemimpinan

Vol.XII No. 2,
H.419-440

ISSN:
1411-6151

2012
Kopertais I (Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Islam Swasta) Di Jakarta

11
EL – GHIROH


Guru Bijak: Memahami Psikologi Perkembangan Dan Belajar Anak


vol iii no. 01,  feb
ISSN: 2087 – 7854
2012
Kampus Stai Bumi Silampari, Lubuk Linggau Sumatra Selatan




12



AKADEMIKA



Konsep Masyarakat Madani Dalam Islam
,


Vol. XVII
no. 1,






ISSN: 1693-0693x



2012



P3MP, Kampus  Stain Jurai Siwo Lampung.
13
JURNAL
AL_GHIROH
Guru bijak,
Memahami psikologi perkembangan
Dan belajar anak


vol iii no. 01,  feb

2013
STAI Lubuk Linggau
14
TARBAWI
Moral Kepemimpinan Pendidikan


Vol.IV
No.1
H.101-108


ISSN:
2088-5733
2013
Stai Binanmadani Tangerang
15
PROSIDING SEMINAR

Revitalisasi Perguruan Tinggi Dalam Membangun Lmu Dan Peradaban




ISBN 978-602-70106-0-4
2013
Universitas Muhammadiyah Metro
16
AZ-ZIKRI
Pengambilan Keputusan Dalam Inovasi Pendidikan


Vol.VII
No.01
H.12-24


ISSN:
1693-9360
2013
P3M STIT Agus Salim,
17
NIZAM

Peran Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam Dalam Pembagunan Peradaban Islami


Vol.2
No.01
H.29-51
ISSN:
2339-1235
2014
pascasarjasarjana stain metro
stainmetro.ac.id



18

NIZOM
Kepemimpinan Dan Manajemen Perguruan Tinggi Dalam Membangun Peradaban Islami


Vol.4
No.01
H.29-51
ISSN:
2339-1235
2014
pascasarjasarjana stain metro
stainmetro.ac.id
19
AKADEMIKA,



Vol.20
No.01
H.173-194
ISSN:
1543-069X
E-ISSN:
2356-2420
2015
Terakreditasi Nasional SK.Kemendikbud, No.040/P/2014 dikti
stainmetro.ac.id

21
NIZOM
Pendidikan Tasawuf di Pondok Modern Darussalam Gontot

Vol.6
No.01
H.224-247
ISSN:
2339-1235
2015
IAIN Metro lampung
20
Al-Ulum
Style Leader In Character Education
  In Pesantren (Islamic Boarding) Darussalam  Gontor

Vol.20
No.01
H.173-194
ISSN:
1543-049X
E-ISSN:
2356-2424
2015
Terakreditasi Nasional Dikti
IAIN Gorontalo

C.    PEMAKALAH / PEMBICARA  DALAM FORUM ILMIAH
NO
KEGIATAN
JUDUL
WAKTU
TEMPAT
KETERANGAN

1
Masa Ta'aruf kampus IPRIJA (MTKI)
Selayang Pandang Fakultas Tarbiyah

2 Agustus 2005

Kampus IPRIJA
 Wakil Dekan Fakultas

2
Masa Ta'aruf kampus iprija (mtki)
Selayang Pandang fakultas syariah

'9 agustus 2008
Kampus IPRIJA


Dekan Fakultas

3
Pengenalan mahasiswa baru
Informasi prodi Perbankan Syariah

23 Agustus 2009
STAI Bani Saleh
Selaku Pjs Kaprodi


4
Persidangan Antarabangsa Pembangunan Malaysia & Indonesia Bertema “Jaringan Alumni Dan Pembangunan Negara
,
Islamisasi Sains
4-5 April 2009
Hotel Park Lane, Jakarta
Pelancaran Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (Ukm) Cawangan Indonesia Dan

5
Pengenalan mahasiswa baru
Informasi Kegiatan Kemahasiswa


26 Agustus
2010
STAI
Bani Saleh Bekasi
 Wakil ketua III
(bidang kemahasiswaan)


6
Pelatihan kader aktivis dakwah kampus (pkadk i)
Ldk al islah
STAIN  Jurai Siwo
LAmpung


Ukhuwah Islamiyah
24 November
2010
Gedung Munaqoshah Lantai 3 ,
Pemateri

7
Pembekalan calon alumni STAI Bani Saleh bekasi

Review: Our Smart, Skill And Character
28
 Septemb
er
 2011

Wisma Industri Bogor,
Wakil Ketua III merangkap Ketua Panitia

8

Pengenalan mahasiswa baru

Informasi kegiatan kemahasiswa


7 Agustus
2011

STAI Binamadani Tangerang

Kaprodi PAI

9
lokakarya
Transparansi Dan Akuntabilitas Pada Sekolah
27 Maret 2011
TKA-TPA-TQA binaan LPPA Tarbiyah sekota bekasi

Pemateri

10
Seminar
Peranan  BEM Dalam
Mensukseskan Program Institusi
8 
November
  2011

Mars  91  km 75 cipayung
Puncak bogor

STAIS  Lan  Taboer


11
Pengenalan mahasiswa baru
Informasi kegiatan kemahasiswa
)


19 Agustus
2012-
STAI Binamadani Tangerang
Wakil ketua III
(kemahasiswaan

12
Seminar Sehari
Menikah, Solusi Atau Problem
23  Febuari 2013

STAI Bina Madani
Pemateri

13
Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat)
Kepemimpinan Rasullah: Uswatun Hasanah Kepemimpinannya
20 Oktober 2013
MAN 2  Metro
Lampung

Pemateri

14
Pelatihan
Belajar Adalah Investasi  Masa Depan


2013

LEK
Pemateri


15

Seminar

Peran lembaga pendidikan islam  (pondok pesantren)
 terhadap pembangunan karakter bangsa
20
April 2014
Pondok Pesantren Salafiyah Roudlotuth Tholibin Lampung,
Pemateri

16
Pengenalan
Mahasiswa baru
Informasi kegiatan


2 Agustus
2014
STKIP Kumala Lampung)

wakil ketua 11 (adminstrasi dan keuangan)


17
Workshop

Peningkatan kompetensi  dosen  menjadi
Profesional dan ilmuan

September
2014.
STAI Darussalam Lampung,
Pemateri

18
Seminar Nasional Ilmiah Rangkaian Milad dan wisuda um metro 2014

Tantangan Dan Solusi  Pendidikan Tinggi Yang Berdaya Saing Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean


15 November
2014

Universitas Muhammadiyah Metro
Pemateri

19
Workshop

Peningkatan kompetensi  dosen  menjadi
Profesional dan ilmuan

September
2014.
STAI Darussalam Lampung,
Pemateri

20
Seminar Internasional
Islamic Higer Education Institutionin Facing the Asean Economic Community (AEC)

28 Januari 2015
International Islamic University College Selangor (KUIS)
Pemateri

21
Bedah Buku
Membangun Sekolah Efektif  Melalui Kepemimpinan Visoner

10 Januari 2015
Kampus STAI Darussalam Lampung
Pemateri

22
Seminar Interasional

مساهمة الفكر و النضال
شيخ امام زركشي
 في  نهوض
مؤسسة
التربية الإسلامية



23-25 Agustus
2015
UIN Jakarta
Pemateri

22
Diskusi mingguan
Tantangan Dan Solusi Masyarakat Muslim Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean

31
Maret 2015
Aula Masjid Nurul Iman
Pemateri

23
Persidangan Antarabangsa Tokoh Ulama Melayu Nusantara (Pantumn 2015) Malaysia

Kontribusi Pemikiran Dan Perjuangan Imam Zarkasyi Dalam Memajukan Institusi Pendidikan Islam
28 April 2015
Pusat Konvensyen
Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (PKK KUIS) Malysia

Pemateri

24
Bedah Buku
Membangun Sekolah Efektif  Melalui Kepemimpinan Visoner


10 Januari
2015
Kampus STAI Darussalam Lampung
Pemateri

25
Seminar internasional
Role of Educational Institutions
Dealing Radicalism

28 September
2015
STAIN metro lampung
Pemateri

26
Asean Comparative  Education Research  Conference
(ACER-N
Teacher Professional And Characterless
Improving The Quality Of Nation

7 - 8 Oktober 2015
 Institut Kwsp, Kajang, Malaysia
Ukm dan acer-n

27
Seminar nasional ilmiah rangkaian milad dan wisuda um metro 2015

Inisiasi  Program  Transformasi  Nilai-Nilai Islam Di  Lembaga pendidikan
21 November 2015

Universitas Muhammadiyah Metro
Pemateri

28
Seminar internasional
Preparation Of Higher Education
In  Facing The Asean  Economic  Community


10-11 November
2015
Ibnu Khaldun University, Bogor -Ind
Pemateri

29
Pelatihan bagi guru-guru
Penelitian Tindakan Kelas
9
Januari
2016
Pemda kota metro
Pemateri
Kerjasama dinas pendidikan dan dompet peduli ummat


D.    PENELITIAN

NO
JUDUL
TEMPAT
TAHUN
PELAKSAN

PEMBIAYAAN
KETERANGAN
1
Penyusunan Panduan Kurikulum  SKI MA Jender
STAI Bani Saleh
2008
Penelitian kompetitif
Kementrian agama RI
Rp.40 juta

Fatoni, Ihsan
2
Unsur-untuk ajaran islam dalam perkawinan budaya
DKI Jakarta

2009
Dirjen pendidikan Islam kementerian agama rep. Indonesia
10 juta
Ihsan
3
Panduan Kurikulum SKI Madrasah Ibtidaiyah Inklusif Gender
Jawa Barat- DKI Jakarta
2009
Dirjen pendidikan islam kementerian agama rep. Indonesia
Kluster Penelitian Pendidikan Dan Kelembagaan Islam)
Fatoni, Ihsan
4
Ekspektasi Masyarakat Terhadap Program Studi Agama Dan Umum
 Universitas Islam Negeri (Uin) Wilayah Dki Jakarta
2009
Penelitian kompetitif team di
Kementrian Agama RI

Rp.100 juta

Wawan, A.Fatoni, Ihsan
6
Lesson Studi Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (mi) –
Program kemitraan STAIN Jurai Siwo Metro Tengah Dengan Mi Di Kota Metro

2011

Rp.25 Juta

Kemenag ri

7

Pelanggaran hukum perkawinan dalam konstruk masyarat

Studi Kasus Pada Masyarakat Rejomulyo Metro Selatan)
2013
P3M STAIN METRO

Rp. 15 juta
Stain Metro
(kemenag RI)
Kolektif
Wahyu setiawan dan m. Ihsan dacholfany
8
Konstruk Masyarakat, Edukasi Bagi Masyarakat Marginal

2013
Kemenag RI Diktis
20 juta
Sk  Dirjen Pendis

Sri Watini, Ihsan
9
Nilai-nilai pendidikan karakter,
 di pondok Pesantren Gontor


Di Pondok Pesantren Gontor
2014
P3M STAIN Metro
Rp. 13 juta
stain metro
(kemenag RI)

ihsan
10
Peran Dosen Stain Jurai Siwo Metro Dalam Membangun Harmoni Melalui Pendekatan  Agama 

Desa karangrejo kecamatan metro utara kota metro


2015
P3M STAIN Metro
13/P3M/19/2015
STAIN Metro
(Kemenag RI)
Kolektif
Khoirurrijal dan m. Ihsan dacholfany
11
Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Non Formal

Studi kasus di Kota Metro Lampung

2015
P3M STAIN Metro
B/P3M/001/
2015
Rp.19.107.500,-
STAIN METRO
(Kemenag RI)

Kolektif
Hemlan  dan M. Ihsan dacholfany, dkk
12
Kontribusi  Alumni dan Manajemen strategis PPs STAIN jurai Siwo dalam membangun Harmonisasi Kehidupan dan Ekonomi Masyarakat
Lampung
2015
P3m STAIN Jurai Siwo
D/P3M/04/2015
Rp.26.550.
000,-

STAIN METRO
(kemenag RI)
Penelitian Unit, Tobibatussaadah, m.Ihsan , Khoirurrijal dkk.
13






           
E.     KARYA  TULIS ILMIAH ( MENULIS BUKU)
NO
JUDUL BUKU
TAHUN
JUMLAH HALAMAN

PENERBIT
1
Buku Panduan Bahasa Inggris Untuk Perguruan Tinggi
2004-2012
150
Kampus IPRIJA, Tunas Islam Dan Al-Ghuroba
2.
Buku Ajar: Teori Belajar Mengajar

2009
140
Kampus PPs IMMI & YAPPAN
3.
Buku Ajar: Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam

2012
70
Kampus STKIP
Panca Sakti
4.
Buku Ajar Panduan Bahasa Inggris Untuk Perguruan Tinggi

2015
145
Kampus STAIN Jurai Siwo Metro
5
Buku: Pendidikan Karakter, Belajar Ala Pesantren Gontor
2015
139
Penerbit Wafi Media Tama Tangerang
ISBN: 978-602-38-5
6
Buku: Uang Elektronik dalam Perspektif Islam
2018
156
CV.Iqro Metro
7
Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga
2018
184
CV.Pustaka Pelajar

F.     MENGIKUTI PELATIHAN / TRAINING

NO
NAMA KEGIATAN
TAHUN
UTUSAN/ATAS NAMA
WAKTU/ TEMPAT
1
- Kegiatan extra kulikuler pengetahuan komputer program ms. Office ,
-       2000
Pribadi-
AMIK YAPRI
2

Diklat Guru Bahasa Inggris  Smk Negeri & Swasta Dinas Dikmenti Prov DKI Jakarta
-
       2005
SMK Insan Teknologi Jakarta, Yayasan Tunas Islam
- 28 nov - 1 des 2005 di kampus stan
jakarta
3
English Course : Basic – Upper Showdown English Course, Gontor College Gontor
      2001
pribadi
Lab. Komputer amik yapri
'September 2001

G.    PESERTA SEMINAR / WORKSHOP SEBAGAI PESERTA

NO
NAMA PERTEMUAN ILMIAH
TEMA/JUDUL  
UTUSAN
WAKTU/TEMPAT
1
 Seminar Sehari
Solusi Problematika Pendidikan Dan Sains Dalam Frame Work Pemikiran Islam
Dosen Kampus IAI Al-Ghuroba
-
Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir
23/06/2007
2
Seminar Nasional
- Perjalanan Muhammadiyah Dan Nu Menuju Keunggulan Pendidikan Nasional'
kampus IPRIJA
- adua-iain-uin / syahida inn, Univ. Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah jakarta
 23 Juni 2007
3
Workshop
Peningkatan Kompetensi Dosen Melalui Anggaran APBN--P

UIN Jakarta
18 feb 12
4
Seminar Pendidikan Tingkat Nasional:
Aktualissi Pendidikan Karakter Bangsa
STAIN Jurai Siwo
Kerjasama: Metro Management Dengan Bem STAIN Jurai Siwo Metro 9 Jan 2011
5
Studium General
Pengembangan budaya aksara , pembicar oleh prof. Sabarti akhadiah :
Dosen Stai Bani Saleh
Kampus STAI Bani Saleh '13 Maret 2009
6
Studium General
: Stimulasi kecerdasan anak dalam lingkungan keluarga pembicara ,prof. Dr. Anisah basleman.
Dosen STAI
Bani Saleh
kampus STAI Bani Saleh '6 Maret 2010
7
Workshop:
Public Speaking Plus Mutivation And Communication, Pembicara: Tubagus Wahyudi, St.Chi.Mcht


Dosen IPRIJA

Kerjasama : Center For Teaching Learning Develop. (ctld) UIN jakarta dengan  BEM Fak. ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
'26 maret 2009
8

Rapat Kerja Kopertais Wilayah I Dki Jakarta Dg Pimpinan Ptais Dg Tema
: Pembinaan Dan Pengembangan Ptais
Wakil Ketua Kampus Stai Bani Saleh
Bekasi
Kopertais wilayah I DKI Jakarta,
'30 - 31 maret 2010
9
Seminar Nasional :
Upaya peningkatyan kompetensi guru dan sosialisasi permen diknas no. 63 tahun 2009 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan.
Dosen stai Bani Saleh Bekasi
Prog. Pascasarjana UNINUS 2013

H.    PENGABDIAN MASYARAKAT

NO
NAMA KEGIATAN
TAHUN
UTUSAN/ATAS NAMA
WAKTU/ TEMPAT
1
Pengurus Masjid Umar Bin khatab, yayasan tunas islam
 1997-2002
Pribadi-
Jakarta
2
English Course : Basic – Upper Showdown English Course, Gontor College Gontor
   2001
Pribadi
Lab. Komputer AMIK YAPRI
'September 2001
3
Diklat guru bahasa inggris 
SMK negeri & swasta dinas dikmeni  prov. DKI  Jakarta
-
 2005
Guru SMK Insan Teknologi Jakarta, Yayasan Tunas Islam :-
- 28 nov - 1 des 2005 di kampus STAN Jakarta
4
Pembinaan dan Pengabdian Masyarakat pada Pusat Kegitan Belajar Mengajar (PKBM) Al-Suroya Metro Lampung
2015
Anggota
Metro Lampung
5
Pembinaan Warga Binaan Lapas Metro
2016
Anggota
Metro Lampung
6







I.       STUDI ILMIAH KE LUAR NEGERI
NO
NAMA KEGIATAN
TAHUN
UTUSAN/ATAS NAMA
WAKTU/ TEMPAT
1
Mou
2013
Dosen
 Fatoni Universiti Thailand
2
Seminar dan Mou
2014
Dosen
Universiti Selangor (UNISEL) Malaysia)
3
Seminar dan Mou
2014
Dosen
Koleg Universiti Islam Selangor (KUIS) Malysia
4
Seminar dan Mou
2015
Dosen
Koleg Islam Muhammadiyah Singapura
5
Mou
2016
Dosen
Universiti Sains Malaysia (USM)
6
Mou
2016
Dosen
Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
7
Mou
2016
Dosen
UNISSA dan UBD Brunai Darussalam

Demikianlah Bidata / Curriculun Vitae ini saya tulis / buat dengan sesungguhnya, Semoga bermanfaat.
                                                                              Lampung, 10 Juni 2017,
Ttd Pak Ihsan.png
                                                                        Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed